Rabu, 12 Maret 2014

MENOLONG

Hakekatnya manusia adalah mahkluk sosial, yang hidup bergantung pada orang lain dan memerlukan bantuan orang lain dalam banyak hal. Tidak ada manusia sempurna yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan dan campur tangan orang lain. Dalam konsep kemandirian, semakin mandiri seseorang, semakin banyak hal yang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain, namun kebalikannyanya, begitu banyak orang lemah yang senantiasa memerlukan uluran tangan orang lain.
http://bkuad2012.files.wordpress.com/2012/06/03_juara-3_aris-pramono_-054-b-membantu.jpg
Dalam kamus artikata.com, menolong didefinisikan sebagai : 
  • Membantu untuk meringankan beban (penderitaan, kesukaran, dsb): saya mencari badan atau yayasan yg sudi ~ penderitaan saya;
  • Membantu supaya dapat melakukan sesuatu: kalau Anda tidak mau ~ (ku), tidak akan selesai pekerjaanku ini;
  • Melepaskan diri dr (bahaya, bencana, dsb); menyelamatkan: dialah yg ~ jiwaku sehingga aku terlepas dr bahaya maut;
  • Dapat meringankan (penderitaan dsb); dapat menyembuhkan (penyakit dsb); dapat melepaskan dr (bahaya dsb): berbagai obat diminumnya, tetapi tidak ~ juga;

MANFAAT TOLONG MENOLONG
Apa yang membuat kita tergerak untuk menolong orang lain? Sementara diri kita merasa masih banyak kekurangan, kenapa saya harus menolong orang lain? Saya sendiri memerlukan pertolongan dan tidak ada seorangpun menolong, terus kenapa saya harus menolong orang lain? Begitu kira-kira hal yang biasa berkecamuk dalam diri kita.

Menolong orang lain merupakan suatu keharusan, karena pada saatnya nati kita akan memerlukan pertolongan orang lain. Apalagi jika kita merasa mampu untuk menolong orang lain, maka kita harus melakukannya.
 
Agar termotivas untuk senantiasa ringan tangan membantu orang lain, berikut beberapa manfaat bagi si ringan tangan. Dengan kita menolong atau membantu bagi yang membutuhkan, ada beberapa manfaat yang didapat:
  • Ketentraman hati. Sudah menjadi kodrat manusia, bahwa seseorang akan merasa lega sekaligus bangga saat bisa membantu orang lain dan timbul rasa bahagia karena bisa menolong orang lain. Seperti yang pernah kita bahas, yang dimaksud dalam hal ini adalah kebahagiaan spiritual yang membuat hati kita tentram dan damai.
  • Mendapatkan kepercayaan dari orang terdekat. Kepercayaan adalah sesuatu yang sulit untuk didapat. Namun, karena suka menolong orang lain, orang akan melihat kita sebagai orang yang bisa dipercaya. Sebagai orang uang yang dipercaya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan kesempatan.
  • Menabung energy Positif. Benar sekali, bahwa apapun yang kita lakukan, baik dan buruk semua akan tersimpan sebagai tabungan energy milik kita. Tabungan energy ini siap dicairkan kapan saja dan menimpa kita. Energi posisitf akan cair sebagai kejadian baik yang akan dialami, begitu halnya dengan energy negatif akan cair sebagai kejadian buruk yang akan menimpa kita. Hukum tabungan energy ini berlaku bagi semua orang. Jadi kebiasaan kita menolong, adalah sebagai tabungan energy positif yang akan menyelamatkan anda dalam kondisi kritis yang kita alami, tiba-tiba saja ada yang menyelamatkan kita dalam bentuk apapun. Bayangkan bila kita tidak pernah membantu orang lain?
  • Mendapatkan kemudahan dalam segala urusan. Kebiasaan tolong menolong dalam kehidupan manusia akan menjadi catatan baik diri kita di mata orang lain, hal inilah yang akan memudahkan diri kita dalam banyak urusan. Orang baik akan mendapat kebaikan, orang jahat akan mendapat kebaikan, suka menolong akan ditolong! Jadi kalau mau urusan kita menjadi mudah, mari kita biasakan dengan kebiasaan tolong menolong
  • Memperbanyak Amal pahala. Sebagai makluk beragama, kita percaya bahwa setiap kebaikan akan dicatat dan mendapat ganjaran berupa pahala. Dan tolong-menolong dianjurkan dalam agama.
  • Menjadi Kaya. Sebagai umat beragama, Anda pasti percaya the power of giving, kekuatan dari sedekah, dan semua agama mengajarkan umatnya untuk bersedekah. Dan Tuhan menjanjikan bahwa kita tidak akan miskin dengan bersedekah, justru rejeki akan dilipatgandakan. Dalam al-quran dituliskan: Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri… (Qs17:7). Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Qs 99:7-8)

KAPAN DAN DIMANA?
Menolong tidak usah menunggu diminta
Kadang kala, kita berbuat baik saat kita digerakkan oleh orang lain. Misal dalam kondisi adanya bencana alam, biasanya aka nada koordinator yang keliling mendatangi kita untuk mengumpulkan sumbangan. Yaa kita menolong karena ditodong. Dalam kondisi ini, seberapa kadar keikhlasan yang kita miliki?
Di sekeliling kita, rasanya banyak sekali hal yang membuat kita untuk senantiasa berbuat baik, tanpa harus digerakkan orang lain, namun motivasi dari dalam diri Anda rasanya cukup untuk menggerakkan diri untuk berbuat baik. Saat melihat teman kesulitan dalam mengerjakan sesuatu datangilah dan bantulah. Saat di jalan melihat orang terjatuh, datangilah dan tolonglah, saat di dalam kereta melihat orang yang lebih memerlukan berdirilah dan berikan tempat duduk Anda. Proaktif menawarkan atau memberikan bantuan, rasanya lebih bijak bagi kita!

Menolong pada bencana
Bencana bisa menimpa siapa saja, kapan saja tanpa diketahui tanda-tandanya. Di negeri cincin api seperti Indonesia, bencana gempa, erupsi, tsunami mengacam setiap saat. Tidak ada pilihan lain bagi warga Indonesia selain tolong menolong untuk meringankan beban. Dalam hal menolong pada kondisi bencana biasanya ada koordinator untuk memudahkan pemberian bantuan. Atau bagi anda yang memiliki komunitas atau kelompok, bisa secara aktif mengumpulkan dan menyalurkan bantuan bagi yang terkena bencana.

Di lingkungan Pekerjaan
Semua orang produktif akan menghabiskan separuh waktunya di tempat kerja. Di tempat kerja masing-masing person sudah ada tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, namun bukan berarti semua pekerjaan bisa dikerjakan lancar 100%, itulah gunanya bantuan di tempat kerja. Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang tidak melibatkan orang lain, sehingga kepedulian orang lain yang terlibat langsung atau tidak langsung akan sangat membantu kelancaran pekerjaan seseorang. Sekecil apapun bantuan yang anda berikan kepada rekan kerja, baik secara langsung ataupun tidak, akan menjadi kebaikan yang suatu saat akan kembali pada Anda. Hanya sekedar mengajarkan cara foto kopi, hanya sekedar mengajarkan cara edit file excel, mengajarkan cara telepon, sekecil apapun lakukanlah 

Saran dan masukan
Bantuan tidak harus dalam bentuk materi ataupun tenaga fisik. Dalam kondisi galau, orang hanya memerlukan sedikit kata-kata motivasi, dalam kondisi kebuntuan orang hanya memerlukan saran atau masukan. Jadi bermurah hatilah untuk berbagi ilmu kepada orang lain.
  
TANPA PAMRIH
Saat memberi pertolongan kepada orang lain nggak perlu berharap ucapan terima kasih, bahkan beberapa orang yang kita tolong bersikap tidak ramah dan malah marah-marah, gak masalah, tetaplah membantu tanpa pamrih. Berpamrihlah pada Allah! Mengasihi dan menolong orang lain karena Allah, berbuat baik kepada orang lain nggak perlu berharap balas ditolong. Tapi kalau ada orang berbuat baik atau menolong kita, ya diterima karena itu adalah dari Allah dengan perantara orang tersebut dan ungkapkan terimakasih pada orang tersebut. Bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orang yang menjadi jalan datangnya karunia dari Allah tersebut.

Pemandangan di negeri kita Indonesia, apalagi menjelang pemilu saat ini, rasanya sulit sekali menemukan bantuan tanpa pamrih (naudzubillah). Mereka punya kepentingan untuk mendapatkan image baik dan pada akhirnya memenangkan pemilu! Jadi gak ada yang namanya niat baik menolong, tapi niat untuk kepentingan diri sendiri (pamrih). Tentu tidak 100% demikian. Ironisnya dalam kondisi bencana yang notabene orang dalam kondisi susah dan memerlukan bantuan, masih juga di-ekploitasi untuk kepentingan pribadi dengan memasang spanduk partai, dengan liputan media!

Ingat kisah pedagang bubur yang memberikan bantuan 800 mangkok bubur “tanpa pamrih” kepada para korban banjir di kampong pulo. Korban banjir tentu memerlukan makanan, tukang bubur tentu memerlukan pemasukan dengan jualan, tapi dia memiliki motivasi yang sangat tulus dengan cara memberikan makanan gratis selama 2 hari dengan bubur dagangannya! Luar biasa. Apakah dia punya pamrih untuk mendapatkan imbalan? Pamrih untuk memenangkan pemilu? Pamrih untuk terkenal? Tentu tidak.
 
Membantu tanpa parmih banyak cara yang bisa kita tempuh! Dengan menjadi relawan dalam situasi bencana juga merupakan bantuan yang sangat diperlukan 

Bentuk Bantuan
Setelah kita belajar beberapa hal mengenai pertolongan kepada orang lain, saatnya kita mengimplementasikannya. Anda bisa memilih bentuk bantuan seperti apa yang bisa anda berikan, disesuaikan dengan kemampuan, waktu, kesempatan, motivasi Anda. Berikut beberapa bentuk bantuan yang bisa Anda berikan untuk meringankan beban orang lain:
1.   Materi.
Yang paling umum adalah bantuan dalam bentuk materi. Misalnya tetangga dalam kesulitan dan mendatangi anda untuk pinjam uang, bantulah. Contoh bantuan untuk korban bencana, tentu bantuan materi sangat dibutuhkan. Bantuan santunan kepada yayasan yang mengelola anak yatim, bantuan untuk pembangunan masjid, bantuan untuk perbaikan jalan di komplek. Salurkan bantuan secara ikhlas dan hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Ingat Tanpa pamrih dan ingat suatu saat kita akan memerlukan bantuan serupa.
2.  Tenaga
Selain secara materi, Anda juga bisa memberikan bantuan dengan tenaga. Ingat di kampung di seluruh wilayah Indonesia, ada yang namanya budaya Gotong Royong, meskipun hal ini sudah luntur khususnya di daerah perkotaan. Prinsipnya gotong royong adalah semangat berbagi kepada orang lain dalam bentuk tenaga bukan materi. Kerja bakti, adalah menolong dalam bentuk tenaga, bantuan untuk lingkungan bukan untuk seseorang. Membantu orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan bisa juga dalam bentuk tenaga! Bantulah orang lain dengan tenaga Anda
3.  Saran
Selain materi dan tenaga, bantuan dalam bentuk saran sangat jamak dilakukan. Dalam menyelesaikan suatu masalah yang diperlukan adalah ide dan kreativitas untuk itulah saran merupakan salah satu bentuk bantuan yang bisa disumbangkan.
4.  Berbagi Ilmu
Dalam agama diwajibkan, bagilah ilmu meskipun itu hanya satu ayat. Kalau anda tidak punya materi, kalau anda tidak punyat tenaga untuk diperbantukan, bagilah ilmu! Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dipraktekkan, dibagi ke orang lain dan orang lain menggunakan ilmu tersebut, sama dengan ilmu yang dipraktekkan. Setiap orang punya kemampuan dan spesialisai yang berbeda, bagilah ilmu yang anda miliki dan tidak dimiliki orang lain
5.  Sosial
Dalam bermasyarakat, dilingkungan RT / RW biasanya ada iuran dana social. Yaa dana tersebut dikumpulkan untuk kepentingan social khususnya di lingkungan tersebut. Biasanya digunakan pada saat terjadi duka kematian, pada saat ada warga yang sakit, atau terkena musibah lainnya. Besar iuran dan besarnya sumbangan tidak ditentukan dan tidak mengikat.
Bantuan sosial tidak hanya dalam bentuk materi, namun bisa dalam bentuk tenaga dan pemikian seperti dijelaskan diatas. Ikut aktif dalam kepengurusan rukun warga / tetangga merupakan bantuan sosial bagi orang lain. Silaturahmi merupakan bantuan sosial karena silaturahmi akan memberikan ketentraman dan kebahagiaan bagi orang lain.
6.  Kesempatan
Dalam dunia pekerjaan atau bisnis, keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh networking. Kesempatan di sini adalah bantuan yang kita berikan kepada orang lain untuk menangani pekerjaan tertentu, atau kita mempercayakan suatu pekerjaan dengan bayaran tertentu kepada orang lain. Menghubungkan orang lain yang bisa memberikan bantuan merupakan bantuan berupa kesempatan.
7.  Do’a
Do’a merupakan bantuan yang paling banyak diminta oleh orang yang memerlukan bantuan dan paling mudah dilakukan. Do’a memang tidak kasat mata dan langsung kelihatan bentuknya, namun secara spiritual kekuatan do’a akan membuat yang terkena musibah menjadi tabah dan tenang, sehingga mereka bisa mencari jalan keluar secara kreatif. Perhatikan, dalam segalam kondisi pasti permintaan do’a selalu dikedepankan untuk diminta kita melakukannya, dalam kondisi orang sakit “do’akan yaa supaya cepat sembuh”, dalam suasana duka kematian “tolong do’anya agar yang ditinggalkan diberikan ketabahan”, dalam kondisi bencaan “mari kita semua berdo’a agar bencana ini cepat berlalu…


Mari kita ringan tangan dan mudah tergerak untuk memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, tanpa pamrih, tanpa diminta, dalam bentuk apa saja.


Selamat membantu!

Salam SmartLife
Joko Ristono
 

3 komentar:

  1. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mr James mor, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (jamesmorloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  2. posting mas joko sependapat.. mantab

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya Amber, saya di sini untuk merekomendasikan Anda kepada pemberi pinjaman yang sah yang memberi saya pinjaman $ 15.000, namanya adalah jerry jones dari investasi finansial jerry jones, saya ingin mendesak Anda semua yang membutuhkan bantuan keuangan untuk menghubungi dia dengan baik melalui email untuk aplikasi pinjaman anda: jerryjonesfinancialinvestments@gmail.com

    BalasHapus

Rabu, 12 Maret 2014

MENOLONG

Hakekatnya manusia adalah mahkluk sosial, yang hidup bergantung pada orang lain dan memerlukan bantuan orang lain dalam banyak hal. Tidak ada manusia sempurna yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan dan campur tangan orang lain. Dalam konsep kemandirian, semakin mandiri seseorang, semakin banyak hal yang bisa dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain, namun kebalikannyanya, begitu banyak orang lemah yang senantiasa memerlukan uluran tangan orang lain.
http://bkuad2012.files.wordpress.com/2012/06/03_juara-3_aris-pramono_-054-b-membantu.jpg
Dalam kamus artikata.com, menolong didefinisikan sebagai : 
  • Membantu untuk meringankan beban (penderitaan, kesukaran, dsb): saya mencari badan atau yayasan yg sudi ~ penderitaan saya;
  • Membantu supaya dapat melakukan sesuatu: kalau Anda tidak mau ~ (ku), tidak akan selesai pekerjaanku ini;
  • Melepaskan diri dr (bahaya, bencana, dsb); menyelamatkan: dialah yg ~ jiwaku sehingga aku terlepas dr bahaya maut;
  • Dapat meringankan (penderitaan dsb); dapat menyembuhkan (penyakit dsb); dapat melepaskan dr (bahaya dsb): berbagai obat diminumnya, tetapi tidak ~ juga;

MANFAAT TOLONG MENOLONG
Apa yang membuat kita tergerak untuk menolong orang lain? Sementara diri kita merasa masih banyak kekurangan, kenapa saya harus menolong orang lain? Saya sendiri memerlukan pertolongan dan tidak ada seorangpun menolong, terus kenapa saya harus menolong orang lain? Begitu kira-kira hal yang biasa berkecamuk dalam diri kita.

Menolong orang lain merupakan suatu keharusan, karena pada saatnya nati kita akan memerlukan pertolongan orang lain. Apalagi jika kita merasa mampu untuk menolong orang lain, maka kita harus melakukannya.
 
Agar termotivas untuk senantiasa ringan tangan membantu orang lain, berikut beberapa manfaat bagi si ringan tangan. Dengan kita menolong atau membantu bagi yang membutuhkan, ada beberapa manfaat yang didapat:
  • Ketentraman hati. Sudah menjadi kodrat manusia, bahwa seseorang akan merasa lega sekaligus bangga saat bisa membantu orang lain dan timbul rasa bahagia karena bisa menolong orang lain. Seperti yang pernah kita bahas, yang dimaksud dalam hal ini adalah kebahagiaan spiritual yang membuat hati kita tentram dan damai.
  • Mendapatkan kepercayaan dari orang terdekat. Kepercayaan adalah sesuatu yang sulit untuk didapat. Namun, karena suka menolong orang lain, orang akan melihat kita sebagai orang yang bisa dipercaya. Sebagai orang uang yang dipercaya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dan kesempatan.
  • Menabung energy Positif. Benar sekali, bahwa apapun yang kita lakukan, baik dan buruk semua akan tersimpan sebagai tabungan energy milik kita. Tabungan energy ini siap dicairkan kapan saja dan menimpa kita. Energi posisitf akan cair sebagai kejadian baik yang akan dialami, begitu halnya dengan energy negatif akan cair sebagai kejadian buruk yang akan menimpa kita. Hukum tabungan energy ini berlaku bagi semua orang. Jadi kebiasaan kita menolong, adalah sebagai tabungan energy positif yang akan menyelamatkan anda dalam kondisi kritis yang kita alami, tiba-tiba saja ada yang menyelamatkan kita dalam bentuk apapun. Bayangkan bila kita tidak pernah membantu orang lain?
  • Mendapatkan kemudahan dalam segala urusan. Kebiasaan tolong menolong dalam kehidupan manusia akan menjadi catatan baik diri kita di mata orang lain, hal inilah yang akan memudahkan diri kita dalam banyak urusan. Orang baik akan mendapat kebaikan, orang jahat akan mendapat kebaikan, suka menolong akan ditolong! Jadi kalau mau urusan kita menjadi mudah, mari kita biasakan dengan kebiasaan tolong menolong
  • Memperbanyak Amal pahala. Sebagai makluk beragama, kita percaya bahwa setiap kebaikan akan dicatat dan mendapat ganjaran berupa pahala. Dan tolong-menolong dianjurkan dalam agama.
  • Menjadi Kaya. Sebagai umat beragama, Anda pasti percaya the power of giving, kekuatan dari sedekah, dan semua agama mengajarkan umatnya untuk bersedekah. Dan Tuhan menjanjikan bahwa kita tidak akan miskin dengan bersedekah, justru rejeki akan dilipatgandakan. Dalam al-quran dituliskan: Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri… (Qs17:7). Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (Qs 99:7-8)

KAPAN DAN DIMANA?
Menolong tidak usah menunggu diminta
Kadang kala, kita berbuat baik saat kita digerakkan oleh orang lain. Misal dalam kondisi adanya bencana alam, biasanya aka nada koordinator yang keliling mendatangi kita untuk mengumpulkan sumbangan. Yaa kita menolong karena ditodong. Dalam kondisi ini, seberapa kadar keikhlasan yang kita miliki?
Di sekeliling kita, rasanya banyak sekali hal yang membuat kita untuk senantiasa berbuat baik, tanpa harus digerakkan orang lain, namun motivasi dari dalam diri Anda rasanya cukup untuk menggerakkan diri untuk berbuat baik. Saat melihat teman kesulitan dalam mengerjakan sesuatu datangilah dan bantulah. Saat di jalan melihat orang terjatuh, datangilah dan tolonglah, saat di dalam kereta melihat orang yang lebih memerlukan berdirilah dan berikan tempat duduk Anda. Proaktif menawarkan atau memberikan bantuan, rasanya lebih bijak bagi kita!

Menolong pada bencana
Bencana bisa menimpa siapa saja, kapan saja tanpa diketahui tanda-tandanya. Di negeri cincin api seperti Indonesia, bencana gempa, erupsi, tsunami mengacam setiap saat. Tidak ada pilihan lain bagi warga Indonesia selain tolong menolong untuk meringankan beban. Dalam hal menolong pada kondisi bencana biasanya ada koordinator untuk memudahkan pemberian bantuan. Atau bagi anda yang memiliki komunitas atau kelompok, bisa secara aktif mengumpulkan dan menyalurkan bantuan bagi yang terkena bencana.

Di lingkungan Pekerjaan
Semua orang produktif akan menghabiskan separuh waktunya di tempat kerja. Di tempat kerja masing-masing person sudah ada tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, namun bukan berarti semua pekerjaan bisa dikerjakan lancar 100%, itulah gunanya bantuan di tempat kerja. Pada dasarnya tidak ada pekerjaan yang tidak melibatkan orang lain, sehingga kepedulian orang lain yang terlibat langsung atau tidak langsung akan sangat membantu kelancaran pekerjaan seseorang. Sekecil apapun bantuan yang anda berikan kepada rekan kerja, baik secara langsung ataupun tidak, akan menjadi kebaikan yang suatu saat akan kembali pada Anda. Hanya sekedar mengajarkan cara foto kopi, hanya sekedar mengajarkan cara edit file excel, mengajarkan cara telepon, sekecil apapun lakukanlah 

Saran dan masukan
Bantuan tidak harus dalam bentuk materi ataupun tenaga fisik. Dalam kondisi galau, orang hanya memerlukan sedikit kata-kata motivasi, dalam kondisi kebuntuan orang hanya memerlukan saran atau masukan. Jadi bermurah hatilah untuk berbagi ilmu kepada orang lain.
  
TANPA PAMRIH
Saat memberi pertolongan kepada orang lain nggak perlu berharap ucapan terima kasih, bahkan beberapa orang yang kita tolong bersikap tidak ramah dan malah marah-marah, gak masalah, tetaplah membantu tanpa pamrih. Berpamrihlah pada Allah! Mengasihi dan menolong orang lain karena Allah, berbuat baik kepada orang lain nggak perlu berharap balas ditolong. Tapi kalau ada orang berbuat baik atau menolong kita, ya diterima karena itu adalah dari Allah dengan perantara orang tersebut dan ungkapkan terimakasih pada orang tersebut. Bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orang yang menjadi jalan datangnya karunia dari Allah tersebut.

Pemandangan di negeri kita Indonesia, apalagi menjelang pemilu saat ini, rasanya sulit sekali menemukan bantuan tanpa pamrih (naudzubillah). Mereka punya kepentingan untuk mendapatkan image baik dan pada akhirnya memenangkan pemilu! Jadi gak ada yang namanya niat baik menolong, tapi niat untuk kepentingan diri sendiri (pamrih). Tentu tidak 100% demikian. Ironisnya dalam kondisi bencana yang notabene orang dalam kondisi susah dan memerlukan bantuan, masih juga di-ekploitasi untuk kepentingan pribadi dengan memasang spanduk partai, dengan liputan media!

Ingat kisah pedagang bubur yang memberikan bantuan 800 mangkok bubur “tanpa pamrih” kepada para korban banjir di kampong pulo. Korban banjir tentu memerlukan makanan, tukang bubur tentu memerlukan pemasukan dengan jualan, tapi dia memiliki motivasi yang sangat tulus dengan cara memberikan makanan gratis selama 2 hari dengan bubur dagangannya! Luar biasa. Apakah dia punya pamrih untuk mendapatkan imbalan? Pamrih untuk memenangkan pemilu? Pamrih untuk terkenal? Tentu tidak.
 
Membantu tanpa parmih banyak cara yang bisa kita tempuh! Dengan menjadi relawan dalam situasi bencana juga merupakan bantuan yang sangat diperlukan 

Bentuk Bantuan
Setelah kita belajar beberapa hal mengenai pertolongan kepada orang lain, saatnya kita mengimplementasikannya. Anda bisa memilih bentuk bantuan seperti apa yang bisa anda berikan, disesuaikan dengan kemampuan, waktu, kesempatan, motivasi Anda. Berikut beberapa bentuk bantuan yang bisa Anda berikan untuk meringankan beban orang lain:
1.   Materi.
Yang paling umum adalah bantuan dalam bentuk materi. Misalnya tetangga dalam kesulitan dan mendatangi anda untuk pinjam uang, bantulah. Contoh bantuan untuk korban bencana, tentu bantuan materi sangat dibutuhkan. Bantuan santunan kepada yayasan yang mengelola anak yatim, bantuan untuk pembangunan masjid, bantuan untuk perbaikan jalan di komplek. Salurkan bantuan secara ikhlas dan hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Ingat Tanpa pamrih dan ingat suatu saat kita akan memerlukan bantuan serupa.
2.  Tenaga
Selain secara materi, Anda juga bisa memberikan bantuan dengan tenaga. Ingat di kampung di seluruh wilayah Indonesia, ada yang namanya budaya Gotong Royong, meskipun hal ini sudah luntur khususnya di daerah perkotaan. Prinsipnya gotong royong adalah semangat berbagi kepada orang lain dalam bentuk tenaga bukan materi. Kerja bakti, adalah menolong dalam bentuk tenaga, bantuan untuk lingkungan bukan untuk seseorang. Membantu orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan bisa juga dalam bentuk tenaga! Bantulah orang lain dengan tenaga Anda
3.  Saran
Selain materi dan tenaga, bantuan dalam bentuk saran sangat jamak dilakukan. Dalam menyelesaikan suatu masalah yang diperlukan adalah ide dan kreativitas untuk itulah saran merupakan salah satu bentuk bantuan yang bisa disumbangkan.
4.  Berbagi Ilmu
Dalam agama diwajibkan, bagilah ilmu meskipun itu hanya satu ayat. Kalau anda tidak punya materi, kalau anda tidak punyat tenaga untuk diperbantukan, bagilah ilmu! Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dipraktekkan, dibagi ke orang lain dan orang lain menggunakan ilmu tersebut, sama dengan ilmu yang dipraktekkan. Setiap orang punya kemampuan dan spesialisai yang berbeda, bagilah ilmu yang anda miliki dan tidak dimiliki orang lain
5.  Sosial
Dalam bermasyarakat, dilingkungan RT / RW biasanya ada iuran dana social. Yaa dana tersebut dikumpulkan untuk kepentingan social khususnya di lingkungan tersebut. Biasanya digunakan pada saat terjadi duka kematian, pada saat ada warga yang sakit, atau terkena musibah lainnya. Besar iuran dan besarnya sumbangan tidak ditentukan dan tidak mengikat.
Bantuan sosial tidak hanya dalam bentuk materi, namun bisa dalam bentuk tenaga dan pemikian seperti dijelaskan diatas. Ikut aktif dalam kepengurusan rukun warga / tetangga merupakan bantuan sosial bagi orang lain. Silaturahmi merupakan bantuan sosial karena silaturahmi akan memberikan ketentraman dan kebahagiaan bagi orang lain.
6.  Kesempatan
Dalam dunia pekerjaan atau bisnis, keberhasilan seseorang biasanya ditentukan oleh networking. Kesempatan di sini adalah bantuan yang kita berikan kepada orang lain untuk menangani pekerjaan tertentu, atau kita mempercayakan suatu pekerjaan dengan bayaran tertentu kepada orang lain. Menghubungkan orang lain yang bisa memberikan bantuan merupakan bantuan berupa kesempatan.
7.  Do’a
Do’a merupakan bantuan yang paling banyak diminta oleh orang yang memerlukan bantuan dan paling mudah dilakukan. Do’a memang tidak kasat mata dan langsung kelihatan bentuknya, namun secara spiritual kekuatan do’a akan membuat yang terkena musibah menjadi tabah dan tenang, sehingga mereka bisa mencari jalan keluar secara kreatif. Perhatikan, dalam segalam kondisi pasti permintaan do’a selalu dikedepankan untuk diminta kita melakukannya, dalam kondisi orang sakit “do’akan yaa supaya cepat sembuh”, dalam suasana duka kematian “tolong do’anya agar yang ditinggalkan diberikan ketabahan”, dalam kondisi bencaan “mari kita semua berdo’a agar bencana ini cepat berlalu…


Mari kita ringan tangan dan mudah tergerak untuk memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan, tanpa pamrih, tanpa diminta, dalam bentuk apa saja.


Selamat membantu!

Salam SmartLife
Joko Ristono
 

3 komentar:

  1. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mr James mor, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (jamesmorloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  2. posting mas joko sependapat.. mantab

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya Amber, saya di sini untuk merekomendasikan Anda kepada pemberi pinjaman yang sah yang memberi saya pinjaman $ 15.000, namanya adalah jerry jones dari investasi finansial jerry jones, saya ingin mendesak Anda semua yang membutuhkan bantuan keuangan untuk menghubungi dia dengan baik melalui email untuk aplikasi pinjaman anda: jerryjonesfinancialinvestments@gmail.com

    BalasHapus